Wednesday, February 22, 2012

RAKORNAS ADWINDO KE 3 TAHUN 2012




Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO) meruapakan sebuah wadah besar bagi seluruh Duta Wisata Indonesia. Merupakan bagian dari upaya untuk terus menerus memberikan peran aktif dan sumbangsih yang berarti bagi daerah dimana Duta Wisata tersebut berasal hingga pada tataran Nasional maupun Internasional.

Sejak awal Januari lalu, saya dan tim – serta seluruh jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandar Lampung berbenah diri dan bergegas mewujudkan jadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan Rapat Koordinasi (RAKORNAS) ADWINDO ke tiga tahun 2012. Berdasarkan Surat Keputusan dari hasil RAKORNAS ADWINDO ke dua di Bali tahun 2011 lalu.

Sebuah langkah besar bagi saya dan tim di IMKOBAL dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandar Lampung dapat mengambil ajang nasional berskala besar dengan nama Lampung dan Bandar Lampung sebagai tempat penyelenggaraannya. Pada mula saya memutuskan mendapuk tawaran Dewan Pengurus Nasional (DPN) ADWINDO untuk menjadi tuan rumah RAKORNAS ADWINDO ke 3 tahun 2012 ini banyak sekali kritik dan saran dalam perjalanannya di kemudian waktu. Tapi itu semua menjadikan acuan untuk tonggak lebih baik lagi kedepannya. Segala pembenahan baik internal maupun eksternal tentunya senantiasa menjadikan sebuah motivasi pembelajaran positive dan optimis untuk sebuah perubahan besar kelak.

Bila berpegang pada kondisi, tentulah ada banyak kekurangan sebagai tuan rumah, tapi jika kita berfikir untuk kesempurnaan, kapan hal itu akan terwujud. Karena jika ingin menunggu sampai Lampung benar benar ‘stay’ untuk jadi tuan rumah – saya rasa tak akan pernah kita berprogress besar untuk sebuah karya. Dan karya itu akan terjadi.

Ini adalah hajad perdana IMKOBAL dalam levelevent Nasional. Akan ada 30 provinsi se Indonesia yang hadir di RAKORNAS ADWINDO ke tiga tahun 2012 ini. Ada banyak agenda pembahasan penting guna men-sinergi-kan antara kebijakan pemerintah dan peran serta / partisipasi aktif para Duta Wisata di Daerah maupun di ajang Nasional. Hal ini tentu tidak lah mudah. Di butuhkan pembicaraan dan pemikiran bersama dari semua pihak. Tak hanya pelaku dalam Dunia Seni Budaya dan Pariwisata atau Pemerintah semata, tetapi juga insan swasta atau para stakeholders yang kelak akan memberi warna lain bagi pergerakan aktif, dinamis, serta positive para Duta Wisata se Indonesia.

Segalanya semakin dekat. 23 – 26 Februari 2012 perhelatan para Duta Wisata seluruh Indonesia akan di gelar bertempat di Bukit Randu Hotel dengan rangkaian acara Rapat Koordinasi yang akan di buka dan di hadiri oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Bapak Walikota serta jajaran Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung sampai pada beragam kegiatan Aksi Simpatik dan Aksi Sosial pada Duta Wisata dalam rangka mensosialisasikan pentingnya sadar wisata dan penciptaan Sapta Pesona di lingkungan masyarakat guna menunjang visi dan misi kepariwisataan, serta gelaran Malam Budaya yang merupakan puncak acara pentas apresiasi bentuk Seni dan Budaya Daerah secara nyata.

No comments:

Post a Comment