Sunday, February 26, 2012

RAKORNAS ADWINDO KE 3 TAHUN 2012, SUKSES.!.




Tak ada rasa yang indah selain dapat menyelesaikan segala kegiatan dengan tuntas dan berimbas baik pada semua pihak. Begitulah rasanya keindahan yang tertoreh dari event Nasional – RAKORNAS ADWINDO ke 3 tahun 2012 di Bandar Lampung sejak tanggal 23 – 26 Februari 2012.

Untuk pertama kali, IMKOBAL – mengerjakan event Nasional berdasarkan Surat Keputusan hasil RAKORNAS ADWINDO ke-2 tahun 2011 di Bali pada Maret tahun 2011 yang lalu. Segala kekuatan dan tenaga di curahkan demi terselenggaranya event ini dengan baik telah dilakukan sejak jauh hari sebelum acara di mulai. Sebagai tuan rumah tentunya Kota Bandar Lampung menlakukan banyak perubahan dan peningkatan di segala Bidang.

Hingga ketika tanggal 23 Februari segala peserta yang berasal dari beberapa provinsi di Indonesia berdatangan, Nampak segala kenyataan akan sebuah perhelatan besar berlangsung. BALI, KALIMANTAN BARAT, KALIMANTAN TIMUR, KALIMANTAN SELATAN, SULAWESI TENGGARA, ACEH, SUMATERA SELATAN, PANGKAL PINANG, JAWA TIMUR, JAWA TENGAH, YOGYAKARTA, JAWA BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR, dan BENGKULU jadi satu kesatuan dalam ikatan persaudaraan di RAKORNAS ADWINDO ke-3 tahun 2012 kali ini.





Suasana semkain hangat ketika di bukanya RAKORNAS secara resmi di Cendana Meeting Room Hotel Bukit Randu pada 24 Februari 2012 yang pada malam sebelumnya telah di laksanakan Welcome Dinner. Rapat di mulai dengan Diskusi Panel dari pak Yabees yang merupakan perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia hingga sampai pada banyaknya pemaparan dalam Rapat Strategi dan Program serta Kendala tiap Daerah di Indonesia yang hadir. Sampai di dapatnya kesepakatan dan keputusan rapat hingga mencetuskan DEKLARASI LAMPUNG yang kelak akan menjadi acuan untuk ber-progress jauh lebih baik lagi kedepannya. Baik untuk Dewan Pengurus nasional (DPN) ADWINDO maupun bagi para Duta Wisata setiap Daerah itu sendiri.
Selain melakukan Rapat dan membicarakan beragam hal penting untuk kemajuan dan kehidupan Organisasi, RAKORNAS ADWINDO juga di isi dengan kegiatan City Tour yang terdiri dari kegiatan ; Aksi Simpatik di Bundaran Tugu Adipura dengan melakukan Pembagian Brosur Sadar Wisata dan Sapta Pesona, lalu Aksi Tanam Pohon dan Penghijauan di Taman DIpangga – Teluk Betung – Bandar Lampung, tak ketinggalan kunjungan di JES School of English yang merupakan Sponsorship kegiatan RAKORNAS ADWINDO ke 3 tahun 2012, selain itu ada pula Kunjungan Sosial ke Panti Asuhan dan Rumah Singgah anak anak ‘Yayasan Sepakat’ Teluk Betung, dan Terakhir kunjungan ke Lembah HIjau sebelum akhirnya melakukan Shopping Time di seputar Pasar Bambu Kuning bagi teman teman daerah yang ingin berburu oleh oleh khas Provinsi Lampung.




Setelah melaksanakan beragam kegiatan dalam kemasan acara City Tour, puncak Acara RAKORNAS ADWINDO ke 3 tahun 2012 di tandai dengan Malam Gelar Budaya, dimana setiap Daerah yang hadir dalam acara ini di persilakan menampilkan beragam jenis seni dan budaya asli daerah di depan khalayak pengunjung dan masyarakat Kota Bandar Lampung. Acara yang di gelar di panggung terbuka di Pasar Seni Enggal tersebut sempat membuat semua panitia dan peserta ketar ketir, pasalnya cuaca cerah sejak siang tiba tiba hujan lebat ketika menjelang Maghrib padahal acara di jadwalkan akan di mulai pada pukul tujuh malam setelah Maghrib berakhir. Tapi ternyata Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan yang terbaik. Hujan langsung berhenti tepat jam delapan dan acara segera dimulai dengan serangkaian ceremonial penutupan dan pemberian cinderamata pada beberapa pihak. Dan selanjutnya adalah kemeriahan di Panggung Terbuka Pasar Seni Enggal dengan atraksi dari para Performance hebat yang telah di persiapkan. Ada penampilan SD Xaverius dengan cetik Gamolan Lampung yang juga di susul oleh Penampilan Staff dan jajaran Pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandar Lampung dengan suguhan Lagu Tepui Tepui sembari bermain Gamolan dengan apik. Lalu juga penampilan Tuan rumah yang di suguhkan oleh Sanggar Tapis Berseri binaan Ibu Hj. Eva Dwiana Herman HN dan penampilan dari teman teman IMKOBAL dalam kemasan tari dan lagu yang cukup membuat saya pribadi Surprised, pasalnya saya tidak tahu bahwa mereka bisa melakukan tampilan dengan sangat baik dalam waktu kurang dari 1 minggu latihan. Semua terjadi karena niat untuk menunjukkan yang terbaik yang IMKOBAL punya tentunya. Setelah itu tampilan demi tampilan pun bermunculan, mulai dari Kalimantan Selatan yang mengawali dengan lagu Daerah yang sangat merdu di bawakan oleh sang Duta Wisata, lalu secara urut tampil teman teman dari Jawa Tengah dengan Bodoran, Yogyakarta dengan tarian khas Keratonnya, lalu ada pula tarian dalam balutan busana Dayak dari Kalimantan Barat dengan pasangan tari Bujang Dara, Samarinda – Kalimantan Timur yang menampilkan group tari yang cukup memikat, Pangkal Pinang dengan Pantun Besambut yang membuat audience cukup riuh menyimaknya. Lalu ada pula penampilan gabungan Saman dan Guel yang sangat menggungah rasa Nasionalis sekaligus ada unsur Magis di dalamnya yang di begitu luar biasa di tampilkan oleh Tiga orang Duta Wisata dari ACEH, dan acara di tutup dengan penampilan dari BALI yang selalu hadir dengan tarian yang memukau dan penuh dinamika dan keceriaan di dalamnya, terlebih penari dari Bali berhasil memboyong Bapak Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung dan Ibu Walikota Bandar Lampung keatas Pentas untuk ‘Ngibing’ bersama. Secara keseluruhan, Acara Gelar Budaya yang di pandu oleh MC kawakan IMKOBAL ; Dedi Guswinti dan Isura Febrihartati tersebut sangat sesuai dengan rencana untuk menyemarakkan suasana puncak RAKORNAS ADWINDO ke 3 tahun 2012 kali ini.





Terima Kasih untuk Dewan Pengurus Nasional (DPN) ADWINDO dan Yayasan ADWINDO, atas kepercayaan pada Kota Bandar Lampung sebagai tempat terselenggaranya event Nasional RAKORNAS ke Tiga tahun 2012. Terima Kasih untuk Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandar Lampung atas dukungan penuh terhadap suksesnya gelaran Nasional ini. Terima Kasih untuk pihak pihak yang telah membantu ; JES School Of English, Lembah Hijau, Class Mild, PT. Nestle, Awak Media dan semua pihak yang telah berkenan hadir dalam beragam rangkaian acara dari awal hingga akhir. Termasuk seluruh Undangan dan Audience yang hadir dalam rangkaian kegiatan ini.
Tak lupa ucapan terima kasih paling banyak dan penghargaan tertinggi dari saya pribadi untuk Team IMKOBAL yang telah luar biasa menyokong penuh terselenggaranya acara tingkat Nasional ini. Tak ada kata lain selain ‘ HEBAT’ untuk semua individu yang terlibat ; Dedi Guswinto dan Isura Febrihartati untuk kesediaannya memandu acara malam Gelar Budaya, Team Penjemputan dan Perlengkapan, Team Kreatif dan para PIC all item of Event ; Adhi Sofian, Riky Kurniawan, Imanuddin Nasution, Efelina Dewi Novita, Rico Febrianto, Febrian Ahmad, Agus Kurniawan, David Sebastian, Esi Dwi Sasmitha, Bimo ‘M.Ichtiar’, M.Peter, Sofyan Ali, Rima Tanaya, Ervina Veronica, Saddam Hussein, Rizky Akbar Kurniadi, Ivand Fajri, Gemayangsura, Yuli Hafsiandari, Dommy Suharda, Nabila Chintia Putri, Farahdiba Citra Olivia, Karina Permata Sari, Intan Pradina, Ratih Nurmala, Legeslatifito, M.Reza Guntara, Maulana Ilyas, Siska Maharani, Shafira Sempurnajaya, Wawan Setya Permana, Wira Kurniawan, Heni Heldayati,Kak Adi, Avril untuk bantuan Snack nya, Koharuddin Adhar atas bantuan besar dari JES School of English, Yuana - yang memfasilitasi acara di Bukit Randu.
Terima Kasih atas Do’a , Supports, Tenaga, Pemikiran, Materi, dan Segala hal yang telah di curahkan secara total untuk terlaksananya Event Nasional ini.

Dan the one and Only, sosok yang selalu tahu siapa saya dan selalu berkenan menyokong beragam ide ide dan penjabaranya ; Ketua IMKOBAL – Kak Billy. Thanks for Everything that you’ve Gave to us.


Terima Kasih teman, telah menjadi bagian dari Sejarah besar sebuah pergerakan Duta Wisata di Indonesia. Sejarah yang akan mencatat nama organisasi IMKOBAL yang telah berhasil melaksanakan event Nasional yang berskala besar – RAKORNAS ADWINDO ke 3 tahun 2012. Dengan bukti tertulis DEKLARASI LAMPUNG. Torehan sejarah ini tentu saja bukan sebuah angan dan imaji belaka, tapi sebuah kenyataan. Kenyataan yang membawa kita akan sebuah kerjasama team yang solid dan kuat. Yang saling menopang dalam beragam hal, saling berbagi untuk sebuah hal yang pasti demi kebaikan generasi berikutnya. Maaf kan atas sebagal kekurangan dan keterbatasan saya sebagai pribadi yang lemah dan tak lengkap. Maaf untuk segala perbuatan dan perkataan yang khilaf. Maaf juga karena telah mempunyai banyak kekurangan sebagai personal. Tapi yang akan saya selalu kenang adalah, bahwa pertambahan usia saya tahun ini - 24 Februari, di rayakan oleh seluruh Duta Wisata yang hadir. Sebuah moment yang berharga yang akan selalu saya kenang.

3 comments:

  1. wowwwwwwwwwwww...such really proud to have keep eyes on this words om indra.
    honesty i am about to pumped up when i see the excitement on it.
    the pictures were soooo cool...
    and i can see that om adi such really nice potential dancer (one more time approval lohh sejak di maluku)
    kayaknya cak dimitri juga hadir ya kemarin om...heheheh
    suksesssssssssssss...:))

    ReplyDelete
  2. wah ada penanaman pohon juga semoga pohon yang ditanam bisa bermanfaat sukses yooo

    ReplyDelete