Friday, March 16, 2012

MARI JUAL DIRI


Di dunia barat, ada kalimat ‘Sale Your Body !’, yang jika di artikan secara gamblang dalam bahasa Indonesia ; ‘ Jual Diri Anda’. Dan dari arti dalam bahasa Indonesia tersebut pasti akan menghasilkan beragam makna dari setiap personal yang membacanya. Termasuk bagi siapapun yang membaca judul tulisan yang saya buat ini.

Jual Diri anda!.

Bukan sebuah ajakan yang mengarah kearah negative layaknya melacurkan diri dengan menjajakan diri dalam konotasi seksualitas. Bukan itu. Jual Diri yang saya maksud adalah hendaknya setiap diri pribadi kita mampu menjual diri kita dalam artian menjual kemampuan yang kita miliki secara optimal. Menjual diri yang saya maksud adalah memaksimalkan potensi diri yang kemudian dapat kita ‘jual’ sehingga selain mengasah kemampuan diri juga dapat menghasilkan materi dari hasil jual diri tersebut.
Bagi beberapa personal yang mempunyai kemampuan bernyanyi misalnya, kegiatan menyanyi sembari menghibur diatas panggung merupakan cara seseorang tersebut menjual diri nya secara keseluruhan dalam arti kata positive. Menjual segala kemampuan yang ada dalam diri. Ironis memang ketika seseorang tidak mengetahui kemampuan atau nilai jual yang terbaik dari dalam dirinya. Karena Tuhan telah memberikan banyak kelebihan pada tiap pribadi dengan porsi yang berbeda beda.
Seorang Bertha Beatrix, S.Pd dalam perbincangannya selalu menekankan perlunya mengetahui bakat atau nilai positive yang ada dalam diri seseorang sejak dini, kemudian terus menerus di kembangkan dan pada akhirnya bisa menjadi nilai jual yang menonjol dari seorang individu di banding individu lainnya.

Tak berbeda jauh dari upaya Maxima Motiva – sebuah Lembaga yang menerapkan Finger Print Test dan Drawing Compilation dalam mengetahui minat dan bakat anak anak sejak dini. Bahkan di Maxima Motiva yang di Pimpin oleh Pak Bekti tersebut sangat membantu orang tua dalam mengetahui bakat dan minat anak anak sejak usia dini. Sebutlah sejak kelas 1 Sekolah Dasar. Maxima Motiva mampu mendeteksi bakat seorang anak bukan hanya bakat lahiria tetapi dalam hal watak dan perilaku secara keseluruhan, sehingga memudahkan orang tua sang anak mengarahkan anak anak nya kelak.

Jadi jelaslah, Jual Diri yang saya maksud disini bukan menjual diri dalam arti negative. Bukan menjadi pribadi yang dengan mudahnya menyerahkan tubuh secara utuh dalam genggaman nafsu seksualitas belaka. Lebih dari itu. Jual Diri yang saya maksud adalah, setiap pribadi mampu menjual kelebihan dirinya yang positive yang memang ada dalam setiap pribadi umat manusia.

No comments:

Post a Comment