Tuesday, November 22, 2011

BUKAN HARI INI SAJA

Ini bukan hanya terjadi sekali.

Tapi untuk hari ini saya harus ekstra keras mengubah diri saya dalam banyak peran dan kondisi yang sebenarnya bukan saya.

Beberapa tahun lamanya, sejak dahulu nampaknya – Nampaknya saya sering mengikuti beragam riak warna yang menghampiri. Terkadang saya bisa saja berubah kemerahan lalu mendadak berjingga dalam pekatnya maroon. Pernah pula di kesempatan lain saya mengharu biru dan cerah kuning menyala nyala berpijar dalam kehijauan dan orange yang menyegarkan. Tapi di lain waktu kemudian saya menjadi begitu pekat dan kelam meski kadang ada setitik putih, nila dan abu yang berpadu.

Entahlah.

Tanpa saya sadari, saya telah masuk dalam sebuah perputaran peran yang sangat cepat melingkupi diri dan jiwa serta selalu berseraya pada raga untuk menekuninya meski apapun yang terjadi.

Terkadang saya juga sendiri.

Sendiri untuk bicara bahwa saya menyukai kesendirian tersebut. Adakalanya kesendirian itu mendatangkan banyak lahan introspeksi pada diri ini. Terkadang keramaian menjemukan. Dan bahkan banyaknya bisikan bisikan disekitar menambah beban yang tak karuan dan tak jelas arah tujuan.

Dan saya menikmatinya

Beruntung seperti itu. Kemudian dengan cepat mengganti diri dalam segala keterbatasan. Ada saat dimana saya mesti bersikeras untuk membalikkan semua rasa dalam raga untuk keperluan banyak khalayak. Bahkan terkadang amarah pun berpelukan erat dalam senyum hangat dan semangat. Atau mungkin segala rasa ini bisa dengan cepat hilang dan datang kembali, sama cepatnya ketika kaki ini melangkah keberagam arah meski tak tahu arah yang di tuju.
Inilah diri.

Yang selalu saya nikmati

Entah kapan lelah. Nampak tak pernah ada lelah

Bahkan tak mau lelah, sampai benar benar tercapai segala hendak yang telah terangkai dengan indah sejak senja kala.

No comments:

Post a Comment